Tips Jitu Memilih Karburator Untuk Motor Anda
Karburator pada saat ini memang
sangat bervariasi, mulai dari karburator yang aftermarket sampai
karburator dengan disain yang lebih mengesankan. Pastinya kita akan
sangat tertarik untuk membeli dan memasangnya di motor kita. Namun ada
baiknya ada memilih karburator yang ingin anda beli sesuai dengan
spesifikasi motor anda agar pembelian karburator benar benar cocok
dengan motor anda. Jika karburator sesuai maka selain tampilan motor
yang lebih bagus, performa motor juga semakin mantap. Nah, agar anda
tidak salah dalam memilih karburator, berikut ini beberapa tips jitu
memilih karburator sesuai dengan motor anda.
Sebelum anda mencoba beberapa tips
untuk memilih karburator yang sesuai anda harus mengetahui tipe tipe
dari karburator. Karena dengan mengetahui tipe karburator kita akan
paham efek dari pemasangan karburator baru yang akan dipasang nanti.
Jika karburator sesuai maka performa motor semakin mantap, selain itu
konsumsi bahan bakar juga bisa seimbang.
Jenis Jenis Karburator
Karburator Jenis PE |
1. KARBURATOR PE
Termasuk karburator yang cukup banyak disukai.
Ukuran PE 24-38 yaitu PE 24, PE 28, PE 38
Bagi penyuka kecepatan, cocok untuk
harian maupun balap drag motor bebek 105-125cc maupun kelas skutik bore
up hingga 200 cc karena kemampuannya untuk direamer menjadi 31mm dan
Sangat cocok untuk yang menginginkan top speed.
Karburator Jenis PJ |
2. KARBURATOR PJ
Jenis karburator terbaik untuk motor 2 TAK
Untuk ukuran karburator PJ sama dengan PE 24 -38
PJ karburator sudah terbukti
kemampuannya karena skep model oval yang unik ini. Memiliki kemampuan
untuk membuat mesin memiliki respon jauh lebih cepat dari pada
karburator standard ber-skep bundar. Keuntungannya adalah akselerasi
lebih cepat dan peningkatan performa mesin.
PJ Oval 34mm slide ini sangat cocok untuk ATV & Motocross. Karburator ini banyak di aplikasi bikers CBR 150cc dan lainnya.
3. KARBURATOR PWK
PWK |
Karburator yang akan menghasilkan tenaga tanpa kompromi.
Ukuran Karbu PWK 28-41 yaitu PWK 28 biasa, PWK 28 sudco, PWK 35 air stiker (sudco) dan PWK 41 pro series, tipe
ini paling spesial lantaran untuk tarikan bawah dan atas setting karbu
mudah didapat. Tapi untuk main-jetnya tidak sama, dimensi lebih panjang.
FCR series
FCR Downdraf dan FCR vertical yang tersedia 28 , 33, 35
Karakteristik karbu FCR
Karbu ini direkomendasikan untuk road race,
FCR Horisontal digunakan utk mesin tegak, FCR Downdraft digunakan untuk mesin tidur.
Karbu Mikuni (TM)
Tersedia dengan ukuran 24-39 (TM)
Karakteristik karbu Mikuni TM
Karbu dengan skep kotak ini memberikan performa yang luar biasa
dibandingkan dan skep yg bulat, ini dikarenakan udara yang masuk lebih
lancar dan lebih cepat.
Karbu Mikuni (TMX) skep oval (mirip PWK)
Tersedia ukuran 35,38
TMX 35 SUDCO, TMX 38 special set completed with selenoid SUDCO
Karakteristik TMX
Mikuni seri TMX memiliki skep berbentuk setengah lingkaran yang
berfungsi untuk meningkatkan akselerasi dan powerband yang merata
disemua rpm. Cocok untuk balapan road race dan harian.
Karbu Mikuni (TMR)
Tersedia ukuran 33, 36, 40
Selain kita melihat jenis karburator yang karakternya bisa kita pilih,
hal yang terpenting dalam pemilihan karburator adalah perhitungan yang
menentukan ukuran venturi karburator yang kita butuhkan
D= K x √ (CxN)
Dimana
D = diameter venturi karburator
K = Konstanta (nillainya ada di antara 0.6 - 0.9, untuk motor harian disarankan 0.65)
C = CC mesin dalam liter
N = RPM puncak tenaga yang di inginkan
Contoh ke 1:
Sebuah motor Jupiter MX 135 cc standar, tapi ingin menambah RPM yang lebih panjang jadi 13200 RPM
maka rumusnya:
D= K x √ (CxN)
D= 0.65 x √ (0.135 x 13200)
D= 0.65 x √ 1782
D= 0.65 x 42.2137418
D= 27,4389322
Karena susah untuk mencari karburator dengan ukuran 27,44 maka menjadi Venturi PE 28
Contoh ke 2:
Sepeda motor Yamaha Mio Sporty 105 cc di bore up menjadi 150 cc dengan sebesar RPM 8000
maka rumusnya
D= K x √ (CxN)
D= 0.65 x √ (0.150 x 8000)
D= 0.65 x √ 1200
D= 0.65 x 34.6410162
D= 22.5166605
Jadi karburator yang cocok untuk Mio ini adalah karbu ori MX (karbu ukuran Venturi 22)
1 komentar:
motor saya GL, pakai karbu MP. Jadinya ruang jadi berhimpitan dan sempit. Tapi gimana lagi, enak sih. hehehehe
Posting Komentar