Senin, 06 Mei 2013

Perhitungan Gear-Sprocket terhadap Kecepatan Motor

Menghitung kecepatan sepeda motor berdasarkan kecepatan mesin dan perbandingan rasio yang digunakan, tapi sebelumnya masbro harus memahami dulu Jalur Pemindah Tenaga , jadi biar gak mumet nanti ngitungnya.
Dimulai dari :
Piston — setang piston — big end — as kruk — gigi primer — gigi sekunder — kopling — Main Axle — pinion gear– wheel gear — Drive Axle — Sproket depan — rantai — sproket belakang — roda belakang.

berapa kira-kira kecepatan maksimal yang dihasilkan motor disetiap giginya berdasarkan gir rasio yang digunakan , tentunya dengan menggunakan 2 rumus dibawah ini 
Rumus mencari perbandingan Reduksi total tiap gigi :
rumus reduksi

lihat gambar paling atas apa yang dimaksud dengan Z1-Z6
Rumus menghitung kecepatan : rumus kecepatan 
Perbandingan reduksi total tiap giginya maka masbro bisa menghitung kecepatan maksimal ditiap giginya menggunakan rumus diatas.

Contoh cara menghitung kecepatan maksimal ditiap gigi  :
spek old vixi 
spesifikasi standart pabrik

Gigi 1 :
kec gear 1 
Maka hasilnya kecepatan max . di gigi 1 adalah 43,72 km/jam

Lanjut ke gigi 2 :
kec gear 2 
kecepatan maksimal gigi 2 adalah 66,07 km/jam

Lanjut gigi 3 :
kec gear 3 
hasilnya kecepatan maksimal gigi 3 adalah 86,72 km/jam

Lanjut gigi 4 :
kec gear 4 
hasilnya kecepatan di gigi 4 adalah 108,4 km/jam

Lanjut gigi 5 :
kec gear 5 
hasilnya kecepatan maksimal di gigi 5 adalah 129,51 km/jam

Ya jadi begitulah, memang kecepatan maksimal / topspeed motor dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti bobot pengendara, kondisi jalan atau hembusan angin dll tapi biasanya topspeednya gak akan beda jauh dari hasil itung-itungan kita diatas,  ya paling simpangannya plus minus 5-10% lah

Contoh kasus :

1. Ganti Gear pake Ninja
    Gear Ratio Ori(Bawaan) 12-34 jadi perbandingan Ratio 2.833
     - Gear Ratio 12-39 jadi perbandingan ratio 3.25
       Kelebihan : Tarikan awal and akselerasi mantapsss, buat angkat ban
       depan gampang banget Bro
       Kekurangan : Top Speed turun drastis
     - Gear Ratio 14-39 jadi perbandingan Ratio 2.785 (yg ane pakai skrg)
       Kelebihan : Nafas tiap Gigi panjang, and Top Speed Nambah
       Kekurangan : Akselerasi agak berkurang
Just Info, Perbandingan Ratio makin tinggi akselerasi makin joss,
tapi top speed akan menurun. jangan pernah memakai perbandingan ratio
diatas 3.5 karena perbandingan tersebut biasa dipakai untuk Trail/cross
kurang cocok dipakai di jalan raya, and kalau dipakai di Xroads kayaknya
Gigi cpt rontok heheheheh

4 komentar:

om kalo nyalin tulisan orang tlong sumbernya juga dicantumin ....

Artikelnya informatif gan. Terimakasih untuk cara penghitungan gear sprocketnya.

Mas mau tanya, dapat rumus perhitungannya itu dari mana ya?
Apa ada refrensi biar bisa diperkuat?

Borgata Hotel Casino & Spa | JTA Hub
The Borgata Hotel Casino & 토토사이트 Spa is the flagship property of the world-famous 나주 출장마사지 luxury brand 태백 출장샵 and 아산 출장샵 now located 동두천 출장마사지 in Atlantic City, New Jersey.

Posting Komentar