Menghitung
kecepatan sepeda motor berdasarkan kecepatan mesin dan perbandingan
rasio yang digunakan, tapi sebelumnya masbro harus memahami dulu Jalur Pemindah Tenaga , jadi biar gak mumet nanti ngitungnya.
Dimulai dari :
Piston — setang piston — big
end — as kruk — gigi primer — gigi sekunder — kopling — Main Axle —
pinion gear– wheel gear — Drive Axle — Sproket depan — rantai — sproket
belakang — roda belakang.
berapa kira-kira kecepatan maksimal yang dihasilkan motor disetiap giginya berdasarkan gir rasio yang digunakan , tentunya dengan menggunakan 2 rumus dibawah ini
Rumus mencari perbandingan Reduksi total tiap gigi :
lihat gambar paling atas apa yang dimaksud dengan Z1-Z6
Perbandingan reduksi total tiap giginya maka masbro
bisa menghitung kecepatan maksimal ditiap giginya menggunakan rumus
diatas.
Contoh cara menghitung kecepatan maksimal ditiap gigi :
spesifikasi standart pabrik
Gigi 1 :
Maka hasilnya kecepatan max . di gigi 1 adalah 43,72 km/jam
Lanjut ke gigi 2 :
kecepatan maksimal gigi 2 adalah 66,07 km/jam
Lanjut gigi 3 :
hasilnya kecepatan maksimal gigi 3 adalah 86,72 km/jam
Lanjut gigi 4 :
hasilnya kecepatan di gigi 4 adalah 108,4 km/jam
Lanjut gigi 5 :
hasilnya kecepatan maksimal di gigi 5 adalah 129,51 km/jam
Ya jadi begitulah, memang kecepatan maksimal
/ topspeed motor dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti bobot
pengendara, kondisi jalan atau hembusan angin dll tapi biasanya
topspeednya gak akan beda jauh dari hasil itung-itungan kita diatas, ya paling simpangannya plus minus 5-10% lah
Contoh kasus :
1. Ganti Gear pake Ninja
Gear Ratio Ori(Bawaan) 12-34 jadi perbandingan Ratio 2.833
- Gear Ratio 12-39 jadi perbandingan ratio 3.25
Kelebihan : Tarikan awal and akselerasi mantapsss, buat angkat ban
depan gampang banget Bro
Kekurangan : Top Speed turun drastis
- Gear Ratio 14-39 jadi perbandingan Ratio 2.785 (yg ane pakai skrg)
Kelebihan : Nafas tiap Gigi panjang, and Top Speed Nambah
Kekurangan : Akselerasi agak berkurang
Just Info, Perbandingan Ratio makin tinggi akselerasi makin joss,
tapi top speed akan menurun. jangan pernah memakai perbandingan ratio
diatas 3.5 karena perbandingan tersebut biasa dipakai untuk Trail/cross
kurang cocok dipakai di jalan raya, and kalau dipakai di Xroads kayaknya
Gigi cpt rontok heheheheh
Contoh kasus :
1. Ganti Gear pake Ninja
Gear Ratio Ori(Bawaan) 12-34 jadi perbandingan Ratio 2.833
- Gear Ratio 12-39 jadi perbandingan ratio 3.25
Kelebihan : Tarikan awal and akselerasi mantapsss, buat angkat ban
depan gampang banget Bro
Kekurangan : Top Speed turun drastis
- Gear Ratio 14-39 jadi perbandingan Ratio 2.785 (yg ane pakai skrg)
Kelebihan : Nafas tiap Gigi panjang, and Top Speed Nambah
Kekurangan : Akselerasi agak berkurang
Just Info, Perbandingan Ratio makin tinggi akselerasi makin joss,
tapi top speed akan menurun. jangan pernah memakai perbandingan ratio
diatas 3.5 karena perbandingan tersebut biasa dipakai untuk Trail/cross
kurang cocok dipakai di jalan raya, and kalau dipakai di Xroads kayaknya
Gigi cpt rontok heheheheh
4 komentar:
om kalo nyalin tulisan orang tlong sumbernya juga dicantumin ....
Artikelnya informatif gan. Terimakasih untuk cara penghitungan gear sprocketnya.
Mas mau tanya, dapat rumus perhitungannya itu dari mana ya?
Apa ada refrensi biar bisa diperkuat?
Borgata Hotel Casino & Spa | JTA Hub
The Borgata Hotel Casino & 토토사이트 Spa is the flagship property of the world-famous 나주 출장마사지 luxury brand 태백 출장샵 and 아산 출장샵 now located 동두천 출장마사지 in Atlantic City, New Jersey.
Posting Komentar