Aplikasi knalpot racing, untuk motor 4tak, sudah menjadi trend
wajib untuk kalangan penyuka modifikasi.
selain mampu mendongkrak penampilan makin garang, juga suara yang di
raungkan menggelegar. apa saja yang
perlu diperhatikan untuk aplikasinya?…….
1. Karakter knalpot racing
namanya saja knalpot racing
tentunya aplikasi knalpot ini untuk mendapatkan performa yg lebih dari standartnya.
karena konstruksi yang cenderung agak nge-loss ,
kerja kompresi mesin tidak terhambat pemampatan tabung knalpot yang
biasanya banyak sekat/ bidang pemampatannya, sehingga penyaluran gas
pembakaran terbilang lancar.
2. Efek yang ditimbulkan?
Konstruksi yang nge-loss dengan tendangan balik minim,
kompresi pembakaran akan meningkat. Efek yang paling
terasa adalah konsumsi bahan bakar semakin boros. yang
lebih beresiko adalah pengoperasian motor yang
tidak sesuai prosedur alias sembarangan, bisa berakibat fatal, paling
sederhana adalah ring piston cepat aus, selain itu piston
bisa cepat tergores, atau bahkan macet, dan ujung2nya kerusakan lah
yg terjadi.
3. Yang harus diperhatikan!
1. jangan sembarangan membeli knalpot racing,
yg tidak jelas spesifikasinya yang paling bijak (dan harga terjangkau)
adalah lakukan pemesanan di bengkel knalpot terpercaya,
yg memiliki beragam ukuran dan
konstruksi yg sesuai dengan karakter mesin, standart atau tune up,
bahkan kita bisa mendesain sendiri konstruksinya, atau opsi lain
jika agan2 punya doku lebih, beli knalpot yg high end (branded ternama)
yang menjamin kualitas.
2. lakukan prosedur sewajarnya saat mengendarai motor, lakukan start
awal normal-normal saja, jika rpm
mesin sudah tinggi silahkan menggeber dan memainkan rpm
karena pada kondisi ini sirkuasi oli sudah sempurna.
3. sesuaikan ukuran, misalnyadiameter out
silinder disamakan dengan diameter leher ujung angsa, agar
tidak terjadi pemampatan gas buang yg berlebihan, karena jika diameter
ujung leher angsa lebih kecil,
bisa memicu peningkatan suhu mesin berlebihan.
4. lakukan penyetelan ulang karburator, ataupun injector
(untuk yg ber injeksi) setelah penggantian knalpot,
dengan kondisi ini jangan setel suplay bahan bakar pada settingan kering ,
lebih bagus pada settingan basah untuk menghindari suhu mesin meningkat secara berlebihan.
5.Perhatikan kondisi dan warna busi. jika busi berwarna putih bersih,
berarti settingan terlalu kering, atau sebaliknya busi ke hitaman,
settingan terlalu basah…., idealnya adalah kecoklatan/ merah bata
berarti settingan sudah tepat.
6.ganti oli secara teratur,
bila perlu lakukan penggantian lebih cepat dari jadwalnya,
mengingat suhu mesin yg meningkat ,untuk menghindari menurunnya kualitas pelumasan karena pemakaian mesin pada kondisi panas yg terlalu
lama.
semoga bermanfaat, silahkan sesuaikan knalpot, pilihan anda
sesuai karakter mesin,(jangan terlalu berisik) keep safety riding, dan
jangan asal riding…………
0 komentar:
Posting Komentar